Assalamualakum Wr.WB


Hay, Disini kita akan membahas tentang Pemodelan ER Diagram pada Basis Data. Sebelumnya kita akan menuju pada konseptualnya karena sangatlah penting sekali memahami Konsep ER Diagram dan dipakai untuk suatu pendekatan perancangan model.

Karena Diagram Entity Relationship ada  kaitannya dengan kebutuhan database yang kita desain.
Mengapa demiikian?  Di diagram Entity Relationship menggambarkan tipe objek yang berhubungan dengan manajemen, dan Relasi denbgan Objek. Disamping itu ER Diagram dibuat berdasarkan presepsi desain rancangan system kita dimana rancangan system yang kita buat sama persis dengan realitanya.

Database dapat dimodelkan sebagai :
Kumpulan Entity dan Relationship

Lalu Apa itu entity?
Entity atau Entitas adalah sebuah objek yang ada dan dapat dibedakan dengan objek lain, sehingga setiap entitas memiliki Antribut sebagai keterangan dari entitas yang lainnya. entitas bisa brsifat konkrit dan abstrak. Entitas bersifar konkrit maksudnya Sebuah entitas yang primer contohnya bisa Orang Nama tempat, Nama perusahaan, dan lain sebagainya. Sedangkan Entitas Bersifat abstrak adalah sebuah entitas yang sekunder seperti Rumah, Pekerjaan, Status, Mata Kuliah dan lain sebagainya. Kenapa saya mengatakan primer dan sekunder karena Entitas Abstrak Ber relasi dengan  Konkrit.
 Entitas bisa disebut sebagai Elemen,Arus Informasi, dan sumber daya.
disamping itu ada entitas bernama Entitas Lemah.. Apa itu Entitas lemah ?
Adalah sebuah entitas yang keberadaannya sangat bergantung pada entitas lain.

Ciri ciri entitas lemah : 
1. Tidak memiliki Key Antribute sendiri
2. Entitas tempat penghubung atau bergantung disebut identifyng owner
3. entitas lemah tidak memiliki idetifier nya sendiri dan berperan sebagai partial identifier (identifier yang berfungsi secara sebagian)










Jenis Jenis Notasi Diagram
Hasil gambar untuk jenis jenis Notasi ER Diagram

Entitas sendiri memiliki jenis jenis antribut bertujuan agar memudahkan kita dalam mengimplementasikan dari sebuah perancangan kedalam database sebenarnya. karena ketika kita mengimplemmentasikan kedalam program kita perlu memanggil sebuah data didalam database, Disamping itu memudahkan kita untuk merancang, Memaintenance, ataupun menambah.

untuk Analogi sementara kita dalam memahami Permodelan ER Diagram saya sudah menyiapkan modelnya secara sederhana

Entitas Perentalan kamera :
Entitas
 Peminjam,  Dengan Antribut nama, alamat, no_ktp, nama_orang_tua, Tnggl_pmnjmn, kode_pmnjm
 Rental ,  Dengan Antribut kode_brg, merk, jenis, status, tanggal_kmbalikan, kode_pemnjm
 Admin,  Dengan Antribut kode_pmnjm, data_pminjm, data_rental
 Gudang, Dengan Antribut kode_brg, status_brg.
Antribut yang di garis bawahi adalah antribut Primary key 
 Relationship antar entity saya tentukan sebagai berikut
1. Rental dan Gudang memiliki relationship yaitu sama sama memiliki kode barang karena niatnya barang yang berasal dari guudang tersedia juga di daftar rental
2. Peminjam dan Rental memiliki Relationship yaitu sama sama memiliki kode peminjam yang kaitannya dengan Barang yang dipinjam oleh pelanggan.
menentukan Cardinality Ratio..
Cardinality Ratio Antara Rental dan Gudang disebut One to many karena Rental berhubungan dengan stock gudang juga dan rental juga memiliki barang lebih dr satu
Cardinality Ratiio Peminjam dengan Rental. One to Many  karena rental sendiri memiliki data dr gudang sangat banyak sehingga pelanggan memiliki pilihan untuk dipilih

jadi ER diagram sangatlah memiliki peran peting dalam menggembangkan sebuah prototype Perancangan System dan sangat berguana bagi System Analyst. Disamping tujuannya mengembangakan sebuah prototype. ER Diagram ini memiliki tujuan dalam memanagemen tdata lebih baik, Menimalisir data yang ganda, Serta lebih efisien ketika kita mendesainya.

Sekian dr saya  semoga bermanfaat, Inssyallah Selanjut nya kita akan membahas Jenis Antribut dan Jenis Notasinya serta langsung mendesainya dalam bentuk diagram. jadi stay tune and stay geeky

Arkhi Muttaqina
 
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
Axact

About AM Publiisher

Hy My Name is Arkhi Muttaqina

Post A Comment:

9 comments:

Petunjuk meninggalkan Jejak Di sini
✔DILARANG NYEPAM !!!
✔DILARANG BERKOMENTAR KASAR !!!
✔DILARANG TAWURAN !!!
✔DILARANG NGOCEH MENGANDUNG UNSUR PORNO ATAU SARA !!!!
✔KOMENTARV YG MASUK DALAM KATEGORI DIATAS , LANGSUNG OLEH PARA ADMINSTRATOR GANTENG AKAN DIHAPUS
✔ANDA RAMAH KAMI RAMAH ^_^

Monggo Badhe nyoret nopo ???? (Silahkan mau menulis apa disini)