Nge-charge Laptop Itu Lebih Bagus Dimatikan Apa Dihidupkan Sambil Dipakai?

Q: 1. jika lebih bagus di matikan, bagaimana cara mengetahui baterai itu sudah penuh?
jika dihidupkan sambil dipakai apa ada efek/pengaruh terhadap laptop?
2.!jika memakai laptop tanpa baterai secara terus menerus (langsung pake charge, baterai dilepas) apa ada efek/pengaruh terhadap laptop?
3. lebih bagus mana antara memakai laptop dengan baterai apa tanpa baterai?\
4. jika laptop lama tidak dipakai sekitar seminggu, bagaimana cara merawatnya?
A. 1. Saat Pertama Kali Membeli Laptop, Ces Batrei Skitar 8 â 10 jam, karena batrei yg idak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) Sebaiknya Di cas terlebih dahulu..
2. Setiap Menggunakan Laptop lebih baek jika power adaptor tetap terpasang (di Cas terus) Karena batrei tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya âjika Full, batrei akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, Dan Juga Tidak Membuat Batrei Soak/Kembungâ.
3. Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = âApabila batrei penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptorâ .
4. Batrei jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke batrei (Cycle Count)
5. Jangan pernah LEPAS BATREI (baterei jgn disimpen, menggunakan power listrik langsung), apabila tiba2 listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg laen.
6. 5 menit Sebelum Memakai laptop pasang adaptor, 5 menit setelah Laptop dimatikan cabut adaptor.
7. Saat Menggunakan Batrei (portabel/tanpa di cas), hindari (Maen Game,Putar DVD/CD,Software2 Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrk mendingan di cas aja.

KESIMPULAN
- Gunakan laptop seperti cara kerja PC, jika g ada listrik matikan saja
- Suatu Saat Kerja Batrei pasti akan menurun, Mending Rusak Batrei Daripada Rusak LAPTOP ato hardware lainnya..

TAMBAHAN :
- Apakah Batre Ane ada CONTROLL BATTERY?
kalo keluaran diatas tahun 1996 keatas pasti sudah ada

- Kenapa Harus Di Cas 8 jam dulu?
Charging awal minimal 8 jam, itu untuk mencapai tegangan floating battery.


- Kenapa 5 menit sesudah & sebelum?
Kalo 5 menit sesudah shutdown, ini untuk colling down aja.. sekaligus untuk tegangan floating ke battery. sebenernya ga apa2, tapi kalo saya membiasakan begitu.

- Kenapa ga boleh lepas Batre?
memang jaman dahulu battery tidak memliki controller floating, yang menyebabkan battery harus dicabut setelah penuh, tapi sekarang rata2 sudah menggunakan system itu.
mending battery dipasang aja ke laptop. lalu adaptornya jg wajib dipasang (adaptornya usahakan merek asli dari laptop).. yah kalo laptopnya sudah di shutdown cabut aja adptornya

ada pendapat aneh lagi..
Jika battery sudah penuh, harus dicabut adaptornyaâ
Ini lebih parah lagi.. karena setiap battery itu memiliki cycle count.. semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop. Laptop lebih baik menggunakan battery dan charger di colok ke listrik. Karena produsen2 laptop memang menganjurkan demikian, dan sudah mendesign laptop seperti itu, jadi jika battery full biarin aja adaptornya dicolok ke listrik ga usah dicabut, karena battery2 laptop sudah memiliki controll battery jika sudah penuh akan stop charging.

- Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut :
Didalam BOARD BATTERY terdapat âself discharge/dayâ parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi âCurrent Capacityâ di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri.

……………………………………………………………..
* jawaban utk nomor 1
lihat di pojok kanan bawah sebelah volume, arahkan kursor pada gambar baterai

*jawaban utk nomor 2 dan 3

voltase charger 19volt sedangkan baterai 11-12volt sesuai dg voltase yg dibutuhkan laptop (periksa saja sendiri voltase chargermu dg voltase di bateraimu), kalau langsung pake charger dan melepas baterai berarti laptopmu mendapatkan arus listrik sebesar 19volt donk? kelebihan 7-8volt, pdhl laptop hanya butuh 11-12volt. lama2 apa ga jebol tuh laptop? mending rusak baterai drpd motherboard krn hrgnya lbh mahal drpd baterai, knp lbh mahal? di motherboard ada prosesor dan vga yg tdk bisa dilepas alias paten jika rusak salah satu hrs ganti semua dan hrgnya 2jt keatas (tergantung tipe laptop)

*jawaban utk nomor 4.

Apabila hendak menyimpan baterai cukup lama, simpanlah ditempat yang sejuk dengan kapasitas 40%. Ada sebuah penelitian yang membandingkan antara baterai yang disimpan dalam kapasitas 40% dengan baterai yang disimpan dengan kapasitas 100%. Hasilnya, baterai yang disimpan dengan kapasitas 100% mengalami capacity loss yang lebih besar daripada yang 40%.

laptop saya ga mau nyala kalo pake baterai?
Q: jadi bisanya langsung pake adaptor …

terus pas baru nyalakan, pas ada tulisan ‘starting windows’, laptop saya sering mati sendiri
lalu kalo kabel chargernya digoyangin dikiiit aja laptop langsung mati.
dan itu semua terjadi sering banget tp kadang" bisa sih
ada yang tahu kenapa ya?? *5

A. Gak Mau Nyala Pas Pakai Baterai. Bisa Jadi Apabila Kondisi Baterai Laptop Sis 0%, Namun, Apakah Sis Udah Mencharger Baterai Laptop Tersebut Sampai 100% ? Jika Sudah Tetapi Tetap Gak Bisa Nyala Laptop-Nya, Berarti Kemungkinan Ada Problem Pada Baterai-Nya. Baterai Laptop Jika Sudah Tidak Mau Diisi Arus Listrik Lagi, Berarti Komponen Cell Dalam Baterai Tersebut Bisa Jadi Sudah Mati. Penyebabnya Banyak, Biasanya Karena Sering Overcharging Atau Terlalu Sering Menghabiskan Baterai Lalu Diisi Lagi Secara Terus Menerus. Kalau Sudah Seperti Itu Sulit Sekali Diperbaiki. Jalan Keluarnya Harus Ganti Baterai Laptop Tersebut Sesuai Tipe Laptop Sis.

Nah, Bisa Jalan Menggunakan Adaptor, Tentu Bisa. Karena Adaptor Tersebut Yang Memberi Arus Ke Laptop Sis Agar Laptop Sis Bisa Menyala Dan Bekerja. Kalaupun Baterai Laptop Sis Rusak Dan Sudah Tidak Bisa Diisi Arus Sama Sekali, Laptop Sis Tetap Bisa Nyala Karena Adaptor Itu.

Saat Starting Windows Laptop Sis Mati Sendiri. Kemungkinan Ada Problem Pada Hardware Laptop Sis. Sudah Berapa Lama Sis Menggunakan Laptop Sis ? Sudah Sampai 1 Tahun Tidak ? Jika Sudah, Biasanya Karena Sistem Pendinginan Laptop Sis Sudah Buruk Karena Banyak Kotoran Terutama Diheatsink-Nya. Jika Kotoran Ini Sudah Menumpuk Banyak Pada Heatsink Tersebut, Laptop Sis Akan Lebih Cepat Panas Dari Sebelumnya. Ketika Panas Ini Sudah Terlalu Over, Maka Laptop Sis Akan Mati Dengan Sendirinya Untuk Mencegah Kerusakan Hardware Laptop Yang Parah.

Lalu, Ketika Sis Menggoyangkan Sedikit Kabel Charger Laptop Tersebut, Laptop Langsung Mati. Berarti Kabel Charger Tersebut Sudah Kendor. Biasanya Itu Karena Kabel Charger Tersebut Sering Dilipat Tidak Beraturan, Sehingga Kawat Tembaga Didalam Kabel Charger Tersebut Kendor Dan Tidak Bisa Beroperasi Dengan Baik Lagi.

Solusi Yang Bisa Saya Berikan :

Jika Baterai Laptop Sis Memang Sudah Rusak, Sebaiknya Diganti Saja Sama Yang Baru. Lalu Adaptor Charger-Nya Jika Memang Sudah Kendor Kabelnya Sebaiknya Diganti Saja Sama Yang Baru, Kasihan Kan Laptop Sis Kalau Pakai Adaptor Charger Seperti Itu, Laptop Sis Jadi Mati Sendiri Akibat Adaptor Itu Tadi Yang Tergoyang Sedikit Saja Sudah Mati. Jika Dipertahankan Malah Laptop Sis Nanti Yang Jadi Rusak Dan Juga Harddisk-Nya Yang Menjadi Korban. Lalu Jika Sis Berani Atau Sudah Berpengalaman Di Hardware Laptop, Coba Sis Bersihkan Heatsink Laptop Sis, Lalu Beri Thermal Grease Sedikit Pada Processor Dan Chipset VGA-Nya Agar Tidak Mudah Panas. Jika Sis Belum Berpengalaman Atau Memang Belum Pernah Bongkar Laptop, Sebaiknya Bawa Ketempat Service Laptop, Suruh Bersihkan Saja Heatsinknya Dan Lalu Tambahkan Sedikit Thermal Grease Pada Processor Serta Ke Chipset VGA-Nya.
laptop sering mati mendadak?
Q: permisi…mau tanya..
mdh2an jawabannya cepet…udah satu bulan ini laptop ane sering mati mendadak, kdng ga ada angin ga ada apa mati,trus kl hp terlalu deket ma laptop tiba2 ada sms masuk sering mati, sedangkan saya buka laptop dirumah malahan ga mati2 giliran udah dikantor mati..
kira-kira knpa ya….mohon jawabannya..
terimakasih…

A. PC/notebook yg mati mendadak permasalahannya terbagi 2, gangguan pada system Hardware dan Software.

1. Dari sisi software, system telah terinfeksi sejenis virus yg mengganggu system shutdown, system restart serta adanya code malicious yaitu kode virus yg terus-menerus memanggil system komputer secara ilegal, sehingga komputer berjalan tanpa diperintah untuk melakukan perintah ilegal tersebut, misalnya melakukan shoutdown dan restart. Kedua system komputer corrupt, disebabkan gagal startup dan recovery pada saat komputer baru dihidupkan, hal tersebut disebabkan instalasi program (software) yg konflik dan tidak kompatable dengan system komputer membuat system komputer menjadi tidak stabil dan corrupt.

2. Dari sisi Hardware. Matinya komputer secara mendadak, pertama power supply sudah mau mati, kedua kipas processor tidak berfungsi dengan baik, kadang hidup kadang mati,menyebabkan processor kepanasan sehingga respon dari system bios yang disetting pada temperatur tertentu segera merestart atau mematikan komputer tujuannya supaya processor dan motherboard tidak terbakar, hal ini telah menjadi standar keamanan yg telah dibuat para produsen motherboard untuk keamanan PC.

Solusi :
Kalau permasalahan yg nomer 1 mudah, cukup di scan dengan antivirus, atau jalankan system restore.
Kalau masalah hardware :
1. Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.
2. Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya.
3. Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.
4. Baterai CMOS dan Reset Switch. Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.
5. Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan.
6. Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard).
7. Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu di service orang yang lebih ahli. Untuk mengetahui lebih detail permasalahan motherboard atau ingin menjadi teknisi, sebaiknya membeli sebuah alat khusus yang disebut PC Analyzer, yang memang dirancang untuk mengetahui kerusakan motherboard.
Menggunakan Laptop terlalu lama, lebih baik pake batere atau lepas batere?
Q:

A. Untuk lebih jelasnya lihatlah copasan tip dibawah ini.
Tip Memelihara Baterai Laptop:

1).Baca dengan detail terlebih dahulu buku manual yang diberikan oleh produsen. Buku manual itu diberikan bukan untuk dijadikan pembungkus kacang. Buku tersebut perlu, karena kadang-kadang tiap merek mempunyai perlakuan khusus yang berbeda.

2).Lakukan pengisian baterai sampai penuh tanpa menghidupkan laptopnya, walaupuna ada juga merek tertentu yang tidak mengharuskan demikian. Tapi saran saya, agar pengisian pertama maksimal, sebaiknya diisi dalam keadaan mati. Sebenarnya ketika masih di pabrik, baterai tersebut sudah diisi penuh, tapi seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja berkurang.

3).Setelah penuh, nyalakan laptop Anda tapi dengan sumber power dari baterai saja. Nyalakan sampai isi baterai tersedot habis dan laptop mati sendiri. Khusus langkah ke 3 ini, sebaiknya dilakukan secara berkala misalnya tiap bulan.

4).Jika menggunakan listrik AC secara konstan untuk jangka waktu yang lama secara terus menerus, misalnya samapai 24 jam, sebaiknya baterai di copot aja dulu jika sudah penuh.

5).Pada umumnya baterai laptop mengenal jumlah pengisian ulang maksimal. Setelah nilai itu terlewati, performa kan menurun. Counter yang menghitung nilai tersebut, ada pada baterai. Salah satu cara mengakali counter ini adalah dengan tidak melakukan pengisian penuh. Pengisian penuh hanya dilakukan jika betul betul dibuthkan. Sebenarnya ada beberapa jenis laptop yang mempunyai kemampuan untuk pengatusan level pengisian. Misalnya proses pengisian hanya samapai 80%.
Setelah itu akan berhenti dengan sendirinya. Laptop yang mempunyai kemampuan ini diantanya mereka ASUS dan B|Y|O|N seri M31W S/S dan M31F G/S

moga bermanfaat ya gan..............
Axact

About AM Publiisher

Hy My Name is Arkhi Muttaqina

Post A Comment:

42 comments:

  1. law ad tanda x di batrey gmna .. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya km copot batre laptop dan laptop dihubungkan ke adaptor

      Delete
    2. Itu tandanya km copot batre laptop dan laptop dihubungkan ke adaptor

      Delete
    3. gan kebetulan batre laptop saya kan batre tanam, dan saya hoby bermain game dengan durasi yang lama, apakah aman ketika saya bermain game sambil ngecharge? mohon pencerahannya dong Thanks.

      Delete
  2. Maaf Br Mbaless karena lg Sibuk , :)
    Fully Chareged .

    ReplyDelete
  3. admin mau tanya nih..netbook asusku kalau pakai baterai bisa nyala..tapi kalau pakai kabel adaptor ga bisa nyala..itu disebabkan apa ya?padahal kalau buat ngecash baterai bisa tuh..mohon infonya..terima kasih

    ReplyDelete
  4. Sip...gan, Numpang Share...yach info penting soalnya....

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  6. jadi kesimpulannya apa?

    netbook saya merknya HP,trus bagus nya ngecharge sambil bekerja?

    ReplyDelete
  7. mantap,lengkap banget infonya.kembangkan terus!

    ReplyDelete
  8. Maaf agak OOT
    saya mau tanya laptop saya kenapa tiba-tiba tidak bisa akses internet, padahal disitu sbnarnya internet access, trus baru bisa akses lagi kalau sudah di sleep,kejadian itu terus-menerus selang beberapa waktu stelah saya connect internet, dan kalau dipakai download dg idm pas nyampai 99% ngulang dari awal trus. kalau bisa dijelasin mslahnya apa, dan solusinya?

    ReplyDelete
  9. Mantappp Anzheeeeeenggg

    *ikut ikut aja dah ngomong gitu..

    Greget nihh

    ReplyDelete
  10. Permisi.... laptop sy toshiba, naaaaahh dia itu gabisa mgecas pakk���� pertama sy pinjam charger teman sy(sesama toshiba) bisa ngecharge. Trus waktu sy pake charger saya ke laptop tmn sy ternyata masuk jg(pdhl ke laptop sy ga masuk) trus sy coba pinjem charger yg lain (yg sejenis) ternyata msk jg di laptop sy. Jd waktu sy bawa ke mdp, charger sy diganti sm yg baru. Dan td sy pake, trus tbtb agak lama gt chargernya kaya meletus kga keluar api) dan bau nya agak gosong gt. Jd sy lepas bentar biar dinginan chargernya. Eh pas mau dipake gabisa lg.... tp qaktu sy check di ujung chargernya, sy kesetrum pak-_- ternyata arus listriknya masuk, tp gabisa mgecharge. Jadi ini laptop sy gimana? Capek sy ke MDP udh lama ditinggal taunya chargernya doang yg diganti, kirain mau dibenerin laptopnya. Terima kasih pak tlg dijawab����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti PSU laptop nya mbk N kalo beli pastikan yang ori , soalnya setiap type beda :)

      Delete
  11. permisi mas mau nanya,kalo laptop asus tipe x452c udh ada sistem cut off nya blm?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Permisi mas mau tanya, netbook saya kan acer AO 725, kan abis saya matiin eeh masa ga bisa nyala lagi. Dicoba nyalain pake pasang baterainya aja ga bisa, dicoba nyalain pake pasang chargernya aja ga bisa, dicoba nyalain pake pasang dua2nya juga ga ga bisa. Saya pake chargeran & baterai netbook adik saya yg kebetulan merk & tipenya sama juga ga bisa nyala. Terus saya iseng ngisi baterai netbook saya di netbook adik saya bisa dan saya diemin aja sampe penuh. Nah pas udah penuh saya iseng masukin ke netbook saya terus saya pencet tombol powernya eeh masa bisa nyala. Pas lagi nyala saya coba colokin charger saya (baterai masih dipasang) eeh bisa connect juga ke netbook saya. Terus saya shutdown netbook saya (baterai & charger masih dipasang) sampai layar mati, anehnya lampu led nya jugaikutan mati (biasanya engga). Beberapa menit kemudian saya coba mau nyalain lagi (baterai & charger masih dipasang) eeh masa ga bisa nyala lagi. saya ulangin cara yg awal2 diatas tadi, tetep ga bisa juga. Kira2 ini kenapa ya? Apa ada hardware/software yg rusak? Solusi yg tepat apa nih? Mohon bantuannya mas, terima kasih

    ReplyDelete
  14. assalamualiku
    permisi, saya mau nanya kok laptop saya tulisan pada batterynya PLUGGED IN CHARGED tapi isinya 34% doang gak mau full, trus kalau di nyalaain harus tersambung terus dengan listrik (di cas terus) kalau casnnya di cabut laptop saya langsung mati padahal isinya masih ada 34%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cell nya rusak tu ... Kkalo mau dikalibrasi juga effectnya sedikit , Solusinya ganti cell batre atau bel Batre Leppy yang Original :)

      Delete
  15. bang, nanya dong. emg kalo laptop dalam keadaan mati, batere nya ttp jalan yah? soalnya laptop asus a46cb saya jarang dipake. mungkin seminggu apa 2 minggu skali baru nyala. tp saya udah 2 kali ngalamin, laptop gk mau nyala karena batere kosong. pdhl sebelumnya saya slalu ngisi batere 50%-100% baru saya matikan.
    penyebab nya apa ya bang? trims

    ReplyDelete
  16. mas mau tanya ni..
    masalah kursor mas, setelah sleep kursor di notebook saya lamban bergerak dan berkedip-kedip, untuk di refresh saja susah mas, tapi kalau saya pencet-pencet tombol di keyboard, kursornya bisa jalan normal mas, itu ca mengatasinya bgimana ya mas?? mohon bantuannya mas..
    terimakasih sebelumnya mas..

    ReplyDelete
  17. gak baik juga ya.... thanks infonya..

    ReplyDelete
  18. Tanya: Lapiq asus a43sd... Batre semula normal... Tapi tiba2 ketika dipakai main anakq lapi mendadak mati. Trus tak nyalain lagi tapi cuma layar hitam saja... Setelah menunggu benerapa menit ga da reaksi aq cb trun off pakai tombol power tapi tidak bisa... Bis itu terpaksa aq cabut adaptor dan batrenya.. Tp setelah tak pasang lagi lapi ga mau nyala... Trus aq lakukan hardwer reset dgn menekan tombol power beberapa detik. Alahamdulillah bisa hidul lagi.. Tp masalah baru timbul lagi.. Batre lapiq ga kedetek dan kalau mau menghidupkan lapi harus pakai adaptor, tp setelah menyala adaptor dicabut lapi berjalan normal? Mohon saran tolong kirim ke emailq jelek82@gmail.com

    ReplyDelete
  19. bermanfaat sekali!! terima kasih infonya ^_^!!

    ReplyDelete
  20. Sekedar ralat aja untuk Thread starter,,,
    Perlu diketahui bahwa Proses charging itu adaptor langsung colok ke Mainboard laptop, dimana didalam mainboard ada suatu sirkuit yg dinamakan IC Power/ Regulator yang bertugas untuk membagi daya ke Mainboard dan baterai. Jadi menurut saya salah besar kalau ada pendapat yang menyatakan "Lebih baik rusak baterai daripada rusak mainboard karena menurut saya SAMA SEKALI TIDAK ADA HUBUNGANNYA/PENGARUHNYA dipasang atau tidak baterai laptop,yang jelas klo listrik tidak stabil, adaptor kualitas jelek itulah yang dapat merusakkan laptop, termasuk baterai anda.... karena tegangan yg tidak stabil dari adaptor (Drop/Over-voltage)

    ReplyDelete
  21. Mw tnya min, lptop ane sring mati mndadak, trutama pas main game atw nnton video. Gk overheat, soalnya ane smpet cek lwat speecy sblm lptopnya mati mndadak suhunya dikisaran 59 drajat. Ane udh brsihin MB dan HSF tp tetep jga mati mndadak. Ane cb colokin listrik k tmpt lain skrg mlah bsa muter video n bbrp game yg ringan kyk the sims 4, trs game2 berat kyk mass effect 3 ttp mati mndadak di kndisi trtentu. Apa lptop ane kekurangan daya ya? Spesifikasi lptop ane core i5 intel hd 4000 ivy bridge, 12gb ram, 2gb vram nvidia geforce. Mohon solusinya min. Thanks.

    ReplyDelete
  22. terimakasih informasinya...

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum Wr. Wb. Admin yg terhormat sya msh newbie jadi sya mau tnya. Min sya copot batrei laptop sya, jadi setiap sya main laptop sya nyolok kabel cashan ke adaptor. Nah suatu waktu sya prnh laptop keadaan msh menyala, adaptor sdh sya cabut sbelum dimatikan. Lalu beberapa jam kemudian sya menyalakan laptop sya lgi (msh nyolok ke adaptor), syakan pake wifi dirumah nah tiba2 setelah tulisan "Welcome" biasanyatanda wifinya sdh ada sinyalnya tpi setelah kejadian itu ada lingkaran biru yg mutar" di tanda wifinya cukup lama. solusinya gmna ya min? ditunggu jawabannya :)

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum Wr. Wb. Admin yg terhormat sya msh newbie jadi sya mau tnya. Min sya copot batrei laptop sya, jadi setiap sya main laptop sya nyolok kabel cashan ke adaptor. Nah suatu waktu sya prnh laptop keadaan msh menyala, adaptor sdh sya cabut sbelum dimatikan. Lalu beberapa jam kemudian sya menyalakan laptop sya lgi (msh nyolok ke adaptor), syakan pake wifi dirumah nah tiba2 setelah tulisan "Welcome" biasanyatanda wifinya sdh ada sinyalnya tpi setelah kejadian itu ada lingkaran biru yg mutar" di tanda wifinya cukup lama. solusinya gmna ya min? ditunggu jawabannya :)

    ReplyDelete
  25. Panjang banget... ini yakin bener? dasarnya apa? apa ada sumbernya?

    ReplyDelete
  26. Gan klo laptop saya Toshiba satelite L510, pas dipake sama dicash kadang ngisi kadang kga terputus2 lah intinya :v terus adapternya ngeluarin bunyi gitu. itu kenapa ya gan tolong solusinya dan apa penyebabnya ???? :/

    ReplyDelete
  27. Min, laptop sy asus Gl552vx, nah kan di atas disebut jangan maen game tanpa pasang casan, boleh di jelasin lagi gak min? Masi kurang jelas Soalnya, sy kalo maen game selalu lepas casan, dan kalo udah 10 persen baru di cas, terus turn off, thx min

    ReplyDelete
  28. mau nanya gan bagaimana mengatasi laptop yang bisa di charge kalau laptopnya nyala ini terjadi pada laptop lenovo

    ReplyDelete
  29. Makasih infonya, nanya mas laptop saya battery nya udah lama bocor dan ga susah ngisi kalo chrgernya dicabut, bahaya ga mas kalo tetap pakai charge terus, padahal baterai nya udah patut diganti..Terus laptopnya sering mati sendiri, apa gara gara ini ya ? takut nanti membahayakan hardisk atau yg lainnya...

    ReplyDelete
  30. Min kalo pc keluaran sekarang lupa cabur charger aman gak?

    ReplyDelete
  31. Aman Soalnya IC Power Controller Sudah diperbarui Bahkan Bisa dikontrol melalui windows. Soalnya disitu sudah ada Drivernya ... Terutama Di Seri Lenovo Bisa kita Kontrol.. Nanti Saya update Kembali Artikelnya Mohon maaf . Ternyata Post ini banyak yang Komen Jd Saya Cuman sempat Bales lewat Email.
    jika ada pertanyaan Bisa kirim saya email disini. Blogini akan di rombak kembali . insyallah nanti saya akan tulis Kembali artikel lebih lengkap ..:)
    cheers
    arkhi07@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Misi gan numpang tanya. Saya pake laptop HP pavillion 14. 2 minggu lalu discharge cycle progress laptop saya 0, tp sekarang ini tiba2 jadi 2. padahal saya ngecharge-nya biasa aja ga ada perubahan, charge sampe 100%, terus saya discharge. ketika sudah 10%-20% saya charge lagi sampe 100%, kemudian saya discharge. apa dengan bertambahnya usia laptop (laptop saya umurnya 1 tahun 7 bulan, wear level 0%) terus baterainya juga bertambah cycle progress nya, padahal metode pengisian baterai tetap sama. mohon pencerahan gan. terima kasih.

    ReplyDelete

Petunjuk meninggalkan Jejak Di sini
✔DILARANG NYEPAM !!!
✔DILARANG BERKOMENTAR KASAR !!!
✔DILARANG TAWURAN !!!
✔DILARANG NGOCEH MENGANDUNG UNSUR PORNO ATAU SARA !!!!
✔KOMENTARV YG MASUK DALAM KATEGORI DIATAS , LANGSUNG OLEH PARA ADMINSTRATOR GANTENG AKAN DIHAPUS
✔ANDA RAMAH KAMI RAMAH ^_^

Monggo Badhe nyoret nopo ???? (Silahkan mau menulis apa disini)